Laman

Kamis, 18 November 2010

PKM PEBAYURAN MENJADI LAHAN PKL

Puskesmas Pebayuran adalah salah satu puskesmas yang diberikan kepercayaan oleh Dinas Kesehatan untuk menjadi lahan Peraktek Kuliah Lapangan (PKL) dari beberapa Instansi Pendidikan Kesehatan yang berada di Wilayah Kabupaten Bekasi. Seperti STIKes Medika Pasir Gombong dan AKBID Bakti Husada Cikarang, berikut ini adalah kutipan dari mahasiswa STIKes Medika Pasir Gombong yang PKL di Puskesmas Pebayuran.

Praktek lahan mahasiswi STIKES Medika Pasir Gombong
AKADEMI D III KEBIDANAN DI PUSKESMAS PEBAYURAN
Assalamualaikum wr. Wb
Kami mahasiswa DIII Kebidanan dari STIKes MEDIKA Cikarang. Kami terdaftar sebagai mahasiswa STIKes MEDIKA Cikarang tahun 2009-2010. Melalui karya kami ini, kami ingin berbagi cerita tentang perjalanan kami ketika praktek di Puskesmas Pebayuran.
Kami Fuji Lestari, Indah Yani, Ines Putri Utami, Intan Putri Ivanty, Siti Humaeroh, Yeni Wijayanti, dan Yola Novila bersatu, bekerja sama, meningkatkan tekad kami untuk menuju kesuksesan. Perjalanan demi perjalanan telah kami tempuh demi menuntaskan kewajiban kita sebagai seorang mahasiswa DIII Kebidanan. Kini setelah kami memasuki tingkat II Semerster 3, kami di tugasakan untuk melaksanakan praktek di Puskesmas Pebayuran. Kami di tugaskan di puskesmas Pebayuran sejak tanggal 08 november 2010 sampai dengan 04 desember 2010.
Kami di tugaskan di daerah yang belum pernah kami kunjungi sebelumnya. Bayangan ketakutan menghampiri kami sebelum kami meninjau lahan praktek. Jauh dari keluarga, di desa terpencil, di daerah yang bagi kami asing, itu semua sempat membuat kami dag dig dug. .Namun itu semua terhapuskan karena niat kuat kami untuk menjalani tanggung jawab dan demi kesuksesan kami.
Tanggal 08 november 2010 akhirnya datang juga, tepatnya pukul 08.00 wib kami tiba di puskesmas pebayuran dengan menggunakan seragam dinas putih putih dan sepatu putih. Semua mata tertuju pada kami. Kami memiliki seorang pembimbing akademik yang tidak lain adalah dosen kami sendiri yang bernama Ika Kania Fado Wardani,S.SiT dan seorang pembimbing lahan yang berasal dari Puskesmas Pebayuran yang bernama bidan Endang Suhartini,Am.Keb. Pada hari pertama ini, kami melakukan kontrak program dengan pihak puskesmas pebayuran, orientasi ruangan-ruangan yang ada di puskesmas, kami mendapat pengarahan dari kepala puskesmas, dan kami pun mengikuti rapat dan makam siang bersama dengan semua keluarga puskesmas Pebayuran. Hari ini adalah hari pertama yang menesankan.
Hari-hari berikutnya kami ditugaskan oleh pihak puskesmas untuk mengikuti kegiatatan posyandu di setiap desa. Satu posyandu satu bidan dan satu mahasiswa. Hujan, gerimis, jauh, becek, pakian kotor, huuuuuh,,capek dech… Eits jangan salah,,,hal itu justru yang membuat kami tersenyum bahagia.. dari situ kami mendapat pengalaman baru yang takkan kami lupakan dan kami mendapat banyak ilmu.
Kami semua mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga besar puskesmas Pebayuran. Kalian sudah seperti keluarga kami sendiri. Sukses selalu buat Puskesmas Pebayuran…. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar