Laman

Kamis, 27 Oktober 2011

Mengatasi Dahak Pada Bayi

Bayi, batita atau balita sangat rentan terkena penyakit. Kita sudah menjaganya, tapi yang namanya penyakit itu tidak pilih-pilih mau hinggap dimana.
Pernahkah anak-anak Anda berdahak? Bagaimana cara mengatasi dahak pada bayi atau batita?

Slem atau dahak yang menyangkut di tenggorokan bayi membuatnya tidak nyaman karena menghalangi nafas, membuat tangisannya jadi parau dan menyulitkannya menelan ASI. Terlebih bayi yang baru bisa menangis, belum bisa bicara dan menunjukkan sebelah mana yang sakit, tentu kita harus tahu dan segera bisa mengambil tindakan untuk mengurangi rasa sakitnya.
Berikut ini tips untuk mengecerkan dan mengeluarkan dahak pada si kecil.

Tips mengencerkan dahak:
1. Menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi (kira-kira pukul 07.00 – 08.00) selama 10 menit.
Sesuaikan dengan tempat tinggal Anda, misalnya seperti saat sekarang ini di Qatar yang memasuki musim panas, tentu jam 07.00 udah terasa panas.
2. Dengan cara lain, mengoleskan balsem bayi ke dada dan punggungnya. Atau, teteskan minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air hangat, letakkan di dekat bayi agar terhirup uapnya.
3. Tetap memberi bayi ASI. Jika ia sudah mendapat makanan tambahan, berilah air putih hangat, sari buah atau sup/kaldu hangat. Pada intinya, mengkonsumsi banyak cairan merupakan terapi sederhana untuk mengencerkan dahak dan membersihkan tenggorokan.
4. Memberi bayi ramuan tradisional air jeruk nipis dicampur kecap atau madu, berikan 1 sendok teh, 3-4 kali sehari. Tapi berhati-hatilah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Selasa, 27 September 2011

MARI IMUNISASI CAMPAK

Penyakit campak dalam bahasa kedokteran disebut morbili, sedangkan orang barat menyebut measles. Kalo orang betawi bilang ini tampek, lain lagi di daerah Jawa tengah & Jawa timur sebutannya gabagen. Di daerah pedesaan Tangerang disebut penyakit bagus….penyakit kok bagus ya ? :) sebagian orang NTT menyebut penyakit enak….emang enak kalo sakit ? Penyebab sakit ini adalah virus campak yang ditularkan melalui percikan ludah. 

Penyakit ini sangat mudah menular pada orang yang belum diimunisasi campak. Bila mengena anak yang memiliki gizi serta daya tahan tubuh baik umumnya penyakit campak sembuh sendiri. Tapi kalo yang kena anak dengan gizi buruk atau daya tahan tubuh rendah mungkin dapat terjadi komplikasi berbahaya. Penderita campak gejala awalnya seperti batuk pilek disertai demam yg awalnya rendah kemudian makin tinggi. Batuknya juga makin keras. Pada bayi & anak kecil sering disertai muntah serta mencret. Kamudian anak jadi gelisah, nafsu makan menurun dan rewel. Nafsu bermain juga jadi turun…emang bener ada nafsu bermain dalam bahasa Indonesia…kok jadi gak cocok yaaa…kesannya agak gimana gitu J…ya udah jangan digubris yang nafsu bermain itu, pokoknya maksudnya gak lincah kayak biasanya.

Matanya kemerahan demikian pula selaput lendir mulut. Pada hari ketiga tau keempat demam pada kulit timbul ruam kemerahan. Dimulai dari wajah kemudian turun ke leher, dada dan seterusnya. Setelah ruam muncul pasien berangsur membaik. Karena penyakit panas disertai ruam bukan hanya campak jadi perlu dibedakan dengan yg lain. Demam disertai ruam dalam istilah kedokteran disebut viral exanthema. Campak jadi penting karena mempunyai komplikasi yang dapat mengancam jiwa. Beda campak dengan viral exanthema lain yg paling penting kalo campak ruam tidak hilang segera tapi menjadi kehitaman dan baru menghilang setelah 2-3 minggu. Sedangkan yang lain biasanya hilang dengan cepat…puffff dalam 3 hari dan tidak ada bekas ruam kehitaman.

Kamis, 22 September 2011

STRATEGI CAMPAIGN CAMPAK PUSKESMAS PEBAYURAN

Pelaksanaan Program Imunisasi Cacth up Campaign Campak sebentar lagi dilasanakan, untuk mendukung program tersebut Puskesmas Pebayuran Kecamatan Pebayuran Kab. Bekasi yang di komandoi oleh Ka Puskesmasnya Bpk Agus Setiabudi segera melaksanakan staf meeting untuk membahas sejauh mana persiapan - persiapan yang telah dilakukan Puskesmas selama ini.
Pada rapat staf meeting kali ini dihadiri oleh programer dan bidan desa serta staff karyawan puskesmas yang lainnya. Ada beberapa agenda yang akan dibahas diantaranya adalah :
1. Persiapan pelaksanaan campaign campak
2. Menjelang kegiatan pengobatan masal filariasis
Pada pembahasan rapat tentang Campaign Campak ditetapkan beberapa unsur penting pendukung pelaksanaan acara tersebut berikut pembahasannya :

Catch Up Campaign Campak
Merupakan suatu upaya untuk memutuskan transmisi penularaan virus campak pada anak sekolah dan balita. Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian imunisasi campak secara serentak pada anak sekolah dasar dari kelas satu hingga kelas enam, tanpa mempertimbangkan statusimunisasi sebelumnya. Pemberian imunisasi campak pada waktu catch up campaign campak disamping untuk memutus rantai penularan juga berguna sebagai booster atau imunisasi ulang (dosis kedua)
Mekanisme Penyelenggaraan :
A. Penyusunan Perencanaan
  1 Menentukan jumlah sasaran
  2 Menentukan target cakupan
  3 Perencanaan kebutuhan vaksin
  4 Perencanaan kebutuhan peralatan
B. Pelaksanaan
  1 Persiapan petugas
  2 Persiapan masyarakat
  3 Pemberian pelayanan imunisasi
  4 koordinasi
C. Pengelolaan Rantai Vaksin
  1 Sensitifitas vaksin terhadap suhu
  2 Pengadaan, penyimpanan, distribusi dan pemakaian

Demikianlah hal yang dibahas tuntas agar pelaksanaan program campaign campak dapat berjalan sukses.. Amin..

 

Kamis, 18 Agustus 2011

MANFAAT AIR KELAPA UNTUK KESEHATAN

Sebaiknya pada bulan puasa ini Anda harus lupakan dulu minuman bersoda, kafein, jus buah atau sport drink. Kini saatnya mengenal khasiat air kelapa. Bukan hanya mengandung mineral, air kelapa juga kaya akan nutrisi, bahkan di daerah terpencil air kelapa bisa digunakan sebagai pengganti cairan infus.

Air kelapa merupakan cairan paling murni kedua setelah air. Air kelapa hanya mengandung sedikit karbohidrat dan 99 persen bebas lemak serta rendah gula. Kandungan gula yang terdapat dalam air kelapa bersifat alami dan tidak diproses seperti minuman lain yang diberi tambahan gula.

Dibandingkan dengan sport drink, air kelapa hanya mengandung sedikit sodium, tetapi memiliki lebih banyak potasium. Air kelapa tidak hanya berisi air, tetapi juga mengandung nutrisi. Dalam 30 ml air kelapa terkandung 61 mg potasium, 5,45 mg sodium, dan 1,3 mg gula. Kandungan lainnya adalah magnesium, kalsium, vitamin B dan C, zinc, selenium, iodine, serta sulfur.

Tak heran jika air kelapa mengandung beragam manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Membuat tubuh hidrasi
Salah satu manfaat kesehatan air kelapa adalah kemampuannya menghidrasi tubuh. Air kelapa mengandung semua elektrolit yang dibutuhkan tubuh seperti sodium, potasium, klorida, kalsium, dan magnesium. Elektrolit ini bersama air minum memegang peran penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi terutama selama dan setelah kegiatan olahraga yang menguras keringat.

Rabu, 20 Juli 2011

SOSIALISASI PENANGANAN ISPA DIARE TK PUSKESMAS DI PUSKESMAS PEBAYURAN

Perkembangan Industri dan pengolahan makanan serta peningkatan kepadataan penduduk merupakan suatu dampak dari kemajuan jaman. Sehubungan dengan hal tersebut mungkin dan pasti berdampak kepada tingkat derajat kesehatan manusia. Ispa (Inpeksi Saluran Pernapasan Atas) dan Diare adalah penyakit yang sering menyerang kesehatan manusia.
Pada Tanggal 19 Juli 2011, di Puskesmas Pebayuran Kecamatan Pebayuran diselenggarakan Sosialisasi Penanganan Ispa dan Diare yang pembicaranya langsung dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi. Acara diselengarakan di Alua Pertemuan Lantai II Puskesmas Pebayuran. Dihadari oleh Kepala Puskesmas Pebayuran AGUS SETIABUDI dan seleruh staff Puskesmas Pebayuran.

Kamis, 14 Juli 2011

MANFAAT MADU UNTUK KESEHATAN

Madu adalah asupan yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak sampai orang dewasa termasuk janin yang masih ada di dalam kandungan ibunya.
Berikut ini adalah manfaat madu:
1. Janin : Janin yang masih ada di dalam kandungan pada setiap orang tidak sama, ada yang kuat ada yang lemah, untuk membantu memperkuat janin dalam kandungan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi madu.
2. Ibu Hamil : Madu membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung bayi, dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.
3. Bayi : Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi. Pertumbuhan dan perkembangan otak sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ ) dan kecerdasan mental ( EQ ) . Hal ini dapat dilihat dewasa ini aneka produk makanan tambahan baik susu atau bubur bayi yang di formulasikan dengan madu seperti Dancow , Frisian Flag , Sustagen ,dsb . Untuk itu kenapa tidak kita berikan saja bagi buah hati kita yang terbaik ,yaitu madu.

FOTO KEGIATAN STBM PUSKESMAS PEBAYURAN



Selasa, 17 Mei 2011

PENYEBAB DAN CARA MENYEMBUHKAN ANYANG-ANYANGAN

Anyang-anyangan atau istilah lainnya dari frekuensi berkemih yang sering terjadi akibat gangguan proses penyimpanan (urine storage atau iritasi). Keluhan ini didapatkan pada infeksi saluran kemih, gangguan persarafan atau suatu keadaan kandung kemih lewat aktif.
Sebaiknya periksakan ke dokter Anda apakah ada infeksi saluran kemih, penyebab lainnya atau suatu overaktif bladder(sering buang air kecil). Dengan diagnosa yang tepat akan lebih memudahkan untuk terapi pengobatannya.
Sering berkemih bisa diatasi dengan teknik yang paling sederhana seperti mengurangi asupan cairan di malam hari, mengurangi asupan kopi dan minuman bersoda karena dapat mengiritasi kandung kemih serta berolahraga dengan teratur juga dapat mengurangi dorongan untuk sering buang air kecil.
Teknik lain yang bisa digunakan untuk mengurangi frekuensi sering buang air kecil yang tak tertahankan adalah melalui senam Kegel. Senam ini dapat berfungsi menguatkan otot-otot sehingga tidak sering buang air kecil.

PETA WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEBAYURAN

Senin, 16 Mei 2011

MANDI SETELAH BEGADANG MENYEBABKAN KEMATIAN???

Buat yang suka begadang, pasti tahu kalau begadang sangat tidak baik buat kesehatan. Bahkan kurang tidur bisa menyebabkan kematian, ditambah setelah begadang langsung mandi.
Dampak Kurang Tidur dan Mandi setelah begadang bisa menyebabkan kematian selain itu, bila mandi sehabis begadang juga beresiko terkena paru-paru basah dan kelainan pada perut yang bisa berakibat fatal, bahkan meninggal mendadak.
Untuk penjelasan tentang dampak begadang langsung mandi sederhananya adalah seperti ini :
Tubuh yang begadang itu sebenarnya melakukan banyak aktivitas yang seharusnya pada waktu itu harus segera diistirahatkan. Karena banyak aktivitas yang terjadi di dalam tubuh tanpa di sadari terjadi pemanasan dari dalam tubuhtersebut.
Bayangkan dari suhu tubuh yang tinggi atau panas tiba-tiba disiram dengan air di pagi hari yang suhunya jauh lebih dingin ketimbang suhu tubuh, apa yg akan terjadi ??
Penurunan suhu tubuh yg sangat drastis dan spontan. Sedangkan tubuh kita tidak dirancang untuk itu.
Bisa membayangkan apa akibatnya ?? sangat jauh berbeda bukan ??
Makanya sangat dilarang untuk tidak langsung mandi disaat setelah begadang.. Karena berbahaya…!!!
Begadang juga berbahaya bagi kesehatan tubuh dengan perkiraan penyebabnya antara lain:
1. Malam hari pk 9 – 11: adalah pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun (de-toxin) dibagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.
2. Malam hari pk 11 – dini Hari pk 1: saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Sabtu, 14 Mei 2011

OBAT ALAMI SAKIT GIGI

http://1.bp.blogspot.com/_EJXSmoLlb6E/SdjxX633rdI/AAAAAAAAALQ/2jltuBdf_AI/s320/dhaniel-on.blogspot.com

Sakit gigi adalah keluhan yang paling tidak disukai dan bisa membuat orang emosi. Sakit gigi dapat disebabkan oleh gigi berlubang atau infeksi pada gusi atau gigi. Kondisi ini hanya dapat diobati dengan keterampilan dokter gigi. Namun sebelum Anda pergi ke dokter, ada beebrapa obat alami yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Hal ini sebagai langkah darurat untuk mengatasi rasa sakit sementara, tetapi jika tidak diobati sakit gigi dapat terjadi lagi. Nah, berikut adalah beberapa cara alami dan bahan-bahan yang dikenal untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada gigi Anda, sebelum pergi ke dokter.

Bawang putih
Berdasarkan buku 'Jude's Herbal Home Remedies' karangan Jude C Todd, diketahui bahwa bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Ambil satu siung bawang putih dan letakkan pada gigi yang sakit. Lakukan selama 5 menit, kemudian lepaskan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.

Teh
Dalam buku 'Prescriptions for Herbal Healing' karangan Phyllis A Balch, menuturkan bahwa teh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Teh panas dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit. Sedangkan kantong teh hangat bisa ditempatkan digusi gigi yang sakit untuk membantu menghentikan peradangan. Tapi sebaiknya tidak menggunakan gula dalam membuat teh hangat.