Laman

Kamis, 03 Mei 2012

CONTINUUM OF CARE KESEHATAN IBU DAN ANAK

Konsep "kontinum perawatan" telah muncul sebagai paradigma baru untuk mengatasi kematian ibu, bayi dan anak dan sangat penting untuk memerangi kematian ibu, bayi, dan anak.
Dimensi pertama dari kontinum ini adalah waktu - dari sebelum hamil, melalui kehamilan, persalinan, dan hari-hari dan tahun kehidupan.
Dimensi kedua dari kontinum ini adalah tempat - menghubungkan berbagai tingkat fasilitas rumah, masyarakat, dan kesehatan.
Intervensi khusus, disampaikan pada frame waktu tertentu, memiliki manfaat ganda.
Menghubungkan intervensi dalam bentuk paket dapat mengurangi biaya dengan memungkinkan efisiensi yang lebih besar. Kontinum untuk kesehatan ibu, bayi, dan anak biasanya mengacu pada kesinambungan perawatan individu. Kesinambungan perawatan yang diperlukan di seluruh siklus hidup (masa remaja, kehamilan, melahirkan, periode postnatal, dan masa kanak-kanak) dan juga antara tempat-tempat pengasuhan (termasuk rumah tangga dan masyarakat, rawat jalan dan pelayanan penjangkauan, dan klinis perawatan pengaturan). 

Kami mendefinisikan kerangka kerja tingkat populasi atau kesehatan masyarakat berdasarkan pengiriman layanan terpadu di seluruh siklus hidup, dan mengusulkan delapan paket untuk mempromosikan kesehatan ibu, bayi, dan anak. Paket-paket ini dapat digunakan untuk memberikan lebih dari 190 intervensi yang terpisah, yang akan sulit untuk meningkatkan satu per satu. Paket-paket mencakup tiga yang disampaikan melalui perawatan klinis (kesehatan reproduksi, kebidanan, dan perawatan bayi baru lahir sakit dan anak-anak); empat melalui rawat jalan dan jangkauan layanan (kesehatan reproduksi, perawatan kehamilan, setelah melahirkan dan layanan kesehatan anak), dan satu melalui keluarga terpadu dan komunitas perawatan sepanjang siklus hidup. Ibu dan bayi memiliki resiko tinggi pada hari-hari pertama setelah lahir, dan kurangnya paket perawatan setelah melahirkan didefinisikan adalah kesenjangan penting, yang juga memberikan kontribusi untuk diskontinuitas antara program kesehatan ibu dan anak. 
Demikian pula, karena paket keluarga dan masyarakat cenderung tidak dianggap sebagai bagian dari sistem kesehatan, beberapa negara telah melakukan upaya sistematis untuk skala itu atau mengintegrasikannya dengan tingkat lain perawatan. Membangun kontinum perawatan untuk kesehatan ibu, bayi, dan anak dengan paket ini akan perlu uji efektivitas di berbagai pengaturan; dukungan kebijakan untuk integrasi; investasi untuk memperkuat sistem kesehatan, dan manajemen berbasis hasil operasional, terutama di tingkat kabupaten.

1 komentar: