Laman

Jumat, 28 Mei 2010

FASILITAS POKOK SP3

FASILITAS SP3
Pada Akhir Tahun yang lalu yaitu tahun 2009, seluruh Puskesmas di wilayah Kabuapten Bekasi mendapatkan Fasilitas penunjang pelayanan kesehatan berupa perangkat IT dari Dinas Kesehatan Kabuapten Bekasi.
Fasilitas IT tersebut adalah 1 unit komputer dengan spesifikasi yang modern dipersenjatai OS Windows7 dan Office 2007 dan dampingi oleh 1 unit monitor yang dapat memanjakan mata, serta 1 unit Printer pendukung kerja, juga mendapatkan 1 unit UPS yang dapat membantu pengamanan pekerjaan dalam suplay aliran listrik.
Hal tersebut oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dilakukan karena pada tahun 2010 Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas (SP3) di Puskesmas dan Labkesda akan menggunakan Software SP3.
Software SP3 yang terbaru tersebut mendukung pengelolaan data sampai dengan tingkat Desa tiap Puskesmasnya bahkan ada pengelolaan data dari liar wilayah kerja Puskesmas tersebut.

Fasilitas tersebut sangat bermanfaat bagi Puskesmas terutama Petugas Pengelola Data Puskesmas atau yang biasa disebut petugas SP3 dikarenakan Sistem Pelaporan dan Pencatatan Puskesmas sudah memiliki Software SP3 yang baru. Software tersebut begitu kompleks dan lengkap memfasilitasi pelaporan kegiatan didalam dan diluar gedung  Puskesmas. Software SP3 mulai dari sistem pelaporan kunjunganan pasien ke Puskesmas dan kompleks dan kelengkapan serta kerumitan pengisian mulai terasa dari Kunjungan per desa, per jenis kelamin, per kelompok umur kemudian per kunjungan lama baru dan gakin. Hal ini membuat Petugas SP3 ekstra teliti dan akurat.
Kemudian Software Sp3 tersebut diakhiri dengan laporan kegiatan dilapangan atau yang biasa disebut Luar gedung dengan pembagian kunjungan gakin dan non gakin. Tetapi Software SP3 terbaru ini menyediakan sistem pelaporan untuk kunjungan dari luar daerah.
Fasilitas tersebut dapat dimaksimalkan lagi dengan ditambahkannya jaringan internet yang ada di Puskesmas  masing-masing sehingga dapat  memberikan pelayanan data yang online dan uptodate serta tambahan software pendukung SP3 yang bukan saja dapat memudahkan pengisian SP3 juga dapat memberikan pelaporan dengan jaringan-jaringan pelayanan yang ada di Puskesmas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar